Ciptaan Allah keatas makhluknya

07 June 2011
Lalu ketika mereka sudah cukup dewasa untuk bereproduksi, mereka akan berkumpul bersama-sama di suatu tempat di lautan .
Setelah berkumpul dalam jumlah puluhan ribu , mereka kemudian membagi dirinya berdasarkan spesies masing-masing, dan bersama-sama kembali ke sungai asal mereka ditetaskan , yang kadang jaraknya sejauh 1.600 kilometer dari tempat mereka hidup di lautan.
Perjalanan ini kadang mencapai waktu beberapa bulan. Yang mengagumkan adalah, sejak awal perjalanan panjang ini mereka sudah mulai berpuasa. Berdasarkan penelitian para ahli, ternyata justru lama puasa mereka inilah yang digunakan sebagai standar insting untuk menuntun mereka mengenali sungai asal mereka masing-masing.
Kandungan lemak ikan yang cukup tinggi di badan ikan Salmon Merah inilah, yang mereka gunakan sebagai persediaan makanan selama migrasi balik ini. Lalu setelah ini, setiap ikan Salmon Merah akan berusaha setengah mati melawan arus sungai deras, dengan berbagai macam halangan kayu-kayu kecil, batu-batu karang, segala macam binatang besar pemakan ikan salmon, hingga akhirnya dengan tubuh luka-luka dan kelelahan , mereka bisa mencapai hulu sungai tempat mereka ditetaskan pertama kali. Subhanallah…Maha Besar Allah !!!.
Ketika mereka sampai ke hulu sungai inilah, mereka akan otomatis bekerjasama pasangan jantan dan betina , untuk menggali suatu lobang tempat penetasan calon telur-telur ikan, dengan ekor mereka. Untuk menggali lobang yang kadang dalamnya sedalam 45 cm ini, ikan-ikan ini butuh waktu beberapa minggu. Kemudian sang betina akan meletakkan telur-telur yang berjumlah ribuan , dan sang jantan mengeluarkan sperma untuk membuahi telur-telur ini.
Setelah proses ini selesai, sang ibu akan menutupi lobang galiannya ini dengan lumpur yang cukup tebal.
Kemudian sepasang ikan ini akan tetap berenang di sekitar lubang ini, menunggu beberapa waktu hingga telur-telur ini menetas.
Saat ikan-ikan Salmon Merah kecil mendorong dirinya keluar dari lobang tempat penetasan ini, maka sang orang tua akan melihat anak-anaknya pertama dan untuk terakhir kalinya. Lalu matilah mereka, dalam keadaan berpuasa. Badan-badan ikan ini akan mengambang di permukaan air, lalu setelah beberapa lama akan turun ke dasar sungai, membusuk ,yang sebetulnya adalah bagian dari proses menjaga keseimbangan alam di dasar sungai.
Mereka mati setelah meninggalkan sekelompok generasi baru, yang harus mengalami proses kesukaran kembali ke lautan. Lalu setelah dewasa, anak-anak Salmon Merah ini mengulangi siklus yang sama seperti orangtuanya, dan mati dalam keadaan berpuasa.
Subhanallah…Maha Besar Allah !!!







sumber

0 comments:

Pages

Follow Us

pmram PMRAM Hewi PMRAM MyMaqaz umi Pahang Perak Johor Terengganu Melaka Pulau Pinang Dumyat Mansourah Damanhur eKPKM Kedah Medic Permaya
v>

Laman Web IPTA Dan IPTS Di Malaysia

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket